Anda tentu pernah dengar nama BitCoin, kan? Ini memang adalahsalah satu cryptocurrency software yang sangat terkenal. Tetapi BitCoin bukanlah satu-satunya cryptocurrency yang ketika ini tersedia. Berikut ialah 7 jenis cryptocurrency yang tidak jarang terlihat di pasaran.

 

Bitcoin

Bitcoin ialah yang kesatu dan adalahcryptocurrency yang sangat sering diperdagangkan sampai ketika ini. Bitcoin tidak melulu menjadi trendsetter, mengirimkan gelombang cryptocurrency yang di bina di atas jaringan peer-to-peer yang terdesentralisasi, tetapi pun menjadi standar de facto guna cryptocurrency.

Mata dana yang terinspirasi oleh Bitcoin secara kolektif dinamakan Altcoins dan sudah mencoba memperlihatkan dirinya sebagai versi Bitcoin yang dimodifikasi atau diperbaiki. Sementara sejumlah mata duit ini lebih gampang untuk dimining daripada Bitcoin.

Mata dana yang satu ini dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto di tahun 2009, sosok misterius yang mengembangkan blockchain-nya. Bitcoin mempunyai kapitalisasi pasar selama $ 45 miliar pada Juli 2017.

Sayangnya, Bank Indonesia tidak mengizinkan pemakaian Bitcoin sebagai perangkat pembayaran di Indonesia dan sebab itu, Dewaweb kini sudah bukan lagi menerima pembayaran dengan memakai Bitcoin.

 

Ethereum

Diluncurkan pada tahun 2015, Ethereum ialah token mata duit yang mengizinkan Smart Contracts dan Distributed Applications (Dapps) untuk dapat dibuat dan dijalankan tanpa downtime, penipuan, kontrol, dan gangguan dari pihak ketiga.

Di tahun 2014, Ethereum mengenalkan pre-sale yang mendapat sambutan yang paling bagus. Aplikasi Ethereum dijalankan dengan suatu token cryptographic yang diciptakan khusus guna platform spesifik yang dinamakan dengn nama Ether. Ether bergerak laksana kendaraan guna bergerak di dekat platform Ethereal, dan mayoritas pengembang menggali untuk mengembangkan dan menjalankan software di dalam Ethereal.

Berdasarkan keterangan dari Ethereum, urusan tersebut dapat dipakai untuk “mengkodifikasi, mendesentralisasi, menyelamatkan dan memperdagangkan apa saja.” Setelah serangan terhadap DAO pada tahun 2016, Ethereum dibagi menjadi Ethereum (ET) dan Ethereum Classic (ETC). Ethereum mempunyai kapitalisasi pasar selama $ 18 miliar pada Juli 2017.

 

Ripple (XRP)

Ripple ialah jaringan solusi global real-time yang menawarkan pembayaran internasional instan, tentu dan murah. Ripple memungkinkan bank untuk menuntaskan pembayaran lintas-batas secara real time, dengan transparansi dari ujung ke ujung, dan dengan ongkos lebih rendah. Dirilis pada tahun 2012, mata duit Ripple mempunyai kapitalisasi pasar sebesar $ 6,3 miliar.

Buku konsensus Ripple – cara konformasinya – tidak membutuhkan mining. Ini ialah salah satu fitur yang membias dari bitcoin dan altcoin. Karena struktur Ripple tidak membutuhkan mining, maka terdapat pengurangan pemakaian daya komputasi, dan meminimalkan latensi jaringan. Ripple percaya bahwa menyalurkan nilai ialah cara yang ampuh guna memberi insentif pada perilaku tertentu dan karena tersebut saat ini berencana untuk menyalurkan XRP terutama melewati kesepakatan pengembangan bisnis, insentif untuk penyedia likuiditas yang menawarkan spread pembayaran yang lebih ketat, dan memasarkan XRP untuk pembeli institusi yang tertarik untuk mengerjakan investasi di XRP. Cryptocurrency yang satu ini telah dipakai oleh bank-bank tergolong Santander dan UBS.

 

Litecoin

Litecoin, dikenalkan pada tahun 2011, adalahsalah satu cryptocurrency yang mengekor Bitcoin. Cryptocurrency ini dibuat oleh Charlie Lee, seorang alumni MIT dan mantan engineer Google. Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global open source yang tidak dikendalikan oleh otoritas pusat manapun dan memakai “scrypt” sebagai bukti kerja, yang bisa diterjemahkan dengan pertolongan CPU ruang belajar konsumen.  Di samping pengembang, terdapat sejumlah saudagar yang menerima Litecoin. Nilai total Litecoin ketika ini selama $ 2,1 miliar.

 

Zcash

Zcash ialah cryptocurrency dengan open-source yang terdesentralisasi yang dikenalkan pada akhir tahun 2016. Zcash menawarkan transparansi transaksi secara individu dan selektif. Dengan demikian, Zcash mengklaim untuk menyerahkan keamanan tambahan atau privasi dimana seluruh transaksi disalin dan dipublikasikan di suatu blockchain.

Zcash menawarkan untuk pemakai opsi transaksi ‘terlindung’, yang memungkinkan konten dienkripsi memakai teknik kriptografi tingkat lanjut atau konstruksi bukti nol pengetahuan yang dinamakan zk-SNARK yang dikembangkan oleh timnya.

 

Monero (XMR)

Monero ialah mata dana yang aman, individu dan tidak bisa dilacak. Cryptocurrency open source ini dikenalkan pada bulan April 2014 dan langsung mendapat minat besar dari antara komunitas kriptografi.

Pengembangan cyrptocurrency yang satu ini benar-benar berbasis donasi dan berbasis komunitas. Monero telah dikenalkan dengan konsentrasi yang powerful pada desentralisasi dan skalabilitas, dan memungkinkan privasi menyeluruh dengan memakai teknik eksklusif yang dinamakan tanda tangan cincin. Dengan kiat ini, hadir sekelompok tanda tangan kriptografi tergolong paling tidak satu peserta nyata – tapi sebab semuanya terlihat valid, yang sebetulnya tidak dapat diisolasi.

 

Dash

Dash (awalnya dikenal sebagai Darkcoin) suatu cryptocurrency yang mempunyai sifat lebih rahasia. Dash menawarkan anonimitas lebih sebab bekerja pada jaringan mastercode terdesentralisasi yang menciptakan transaksi nyaris tidak dapat dilacak.

Diluncurkan pada bulan Januari 2014, Dash merasakan peningkatan jumlah pengekor dalam rentang masa-masa yang singkat. Cryptocurrency ini dibuat dan dikembangkan oleh Evan Duffield dan dapat di-mining memakai CPU atau GPU. Pada bulan Maret 2015, ‘Darkcoin’ diganti namanya menjadi Dash, yang adalahsingkatan dari Digital Cash dan beroperasi di bawah nama DASH. Rebranding tidak mengolah fitur teknologinya laksana Darksend dan InstantX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *